6 Bahan Pangan Penyembuh Luka Bakar




Lemon sembuhkan luka bakar tanpa bekas. (iStock)




Lemon sembuhkan luka bakar tanpa bekas. (iStock)



VIVAlife - Luka bakar dapat mengakibatkan rasa sakit, nyeri, dan ketidaknyamanan. Umumnya sebelum luka bakar membentuk jaringan parut, seseorang akan meredakan dengan menggunakan pasta gigi. Namun sayang, itu hanyalah mitos. Meski pasta gigi dingin, ketika diaplikasikan ke kulit, justru dapat membuat kulit semakin panas.


Beberapa dokter menyarankan untuk mengoleskan pelembab tubuh ke bagian kulit yang terbakar atau luka bakar. Dalam boldsky, selain pelembab ada beberapa ramuan yang terbilang cukup efektif untuk mengatasi luka bakar Anda:


Air


Ketika kulit mengalami luka bakar, hal terpenting yang harus dilakukan adalah menyiram kulit dengan air yang mengalir. Lakukan tindakan ini maksimal selama 20 menit. Kalau rasa sakit saat penyiraman pertama terasa, pastikan untuk melakukan tindakan yang sama lagi.



Lemon dan Jus Tomat


Ini adalah salah satu solusi rumah terbaik untuk mengatasi luka bakar, dengan menghilangkan sel-sel kulit mati dan memungkinkan peremajaan kulit kembali. Sifat asam dari lemon dapat meringankan bekas luka dengan alami. Sementara jus tomat, untuk menghilangkan luka bakar. Aplikasikan ramuan alami ini dua kali sehari untuk hasil yang efektif.


Kentang


Kulit kentang adalah cara yang bagus untuk meredakan kulit yang meradang, terutama ketika menderita luka bakar. Ini karena kulit kentang memiliki berbagai sifat anti-bakteri yang dapat menyembuhan luka dengan cepat. Anda juga dapat menempelkan kulit kentang pada luka bakar dengan menggunakan perban.


Kunyit dan Yogurt


Kalau Anda ingin agar proses penyembuhan berjalan lebih efektif, gunakan yogurt dan kunyit. Oleskan bahan ini pada area yang terbakar. Gunanya untuk sebagai penghilang rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. (umi)