Ketahui Cara Mengatasi Sakit Maag




Stres juga bisa memacu sakit maag. (Foto ilustrasi) (iStock)




Stres juga bisa memacu sakit maag. (Foto ilustrasi) (iStock)



VIVAlife - Sakit maag merupakan penyakit gangguan pada lambung. Terjadinya gangguan sel-sel yang melapisi bagian dalam lambung dan usus dua belas jari.


Setiap kali produksi asam lambung atau kerusakan permukaan sel meningkat, terjadilah iritasi yang muncul dalam bentuk rasa nyeri. Kadar asam lambung yang meningkat salah satunya disebabkan karena telat makan.


Pengaturan pola makan yang kurang baik atau mengonsumsi makanan yang membuat iritasi pada lambung juga merupakan salah satu penyebab sakit maag. Jika terjadi dalam jangka waktu lama maka akan terjadi radang lambung sehingga rasa perihnya bisa mengenai ulu hati.


Stres juga bisa memacu sakit maag. Ketika seseorang mengalami stres, dengan sendirinya tubuh memproduksi zat asam dalam jumlah yang tidak terkontrol. Jumlah asam pada lambung yang berlebihan dapat memicu berbagai macam gangguan pada perut. Selain itu kadar asam dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sakit kepala atau migrain.


Ada dua macam pengobatan dalam mengatasi sakit maag. Bisa dengan cara pengobatan medis ataupun dengan pengobatan tradisional. Namun, kedua cara mengatasi sakit maag tersebut tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Sebab setiap pengobatan ada efek dan keunggulan masing-masing dan jika disatukan, bukan kesembuhan yang didapat, melainkan bisa bertambah parah.


Berikut beberapa tips untuk mengatasi sakit maag:


1. Makan dengan teratur. Salah satu cara mencegah kambuhnya sakit maag adalah mengatur pola makan yang baik.


2. Hindari minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kopi, alkohol, minuman berkarbonasi, dan sebagainya.


3. Istirahat yang cukup. Selain mengatur pola makan, Anda juga harus mengatur jam tidur Anda. Setidaknya istirahat minimal 8 jam sehari.


4. Jangan terlalu banyak pikiran. Terlalu banyak pikiran atau stres dapat memacu kadar asam lambung naik. Selain itu, beberapa peneliti mengemukakan bahwa stres adalah sebuah penyakit.


5. Makan makanan yang mudah dicerna. Jika sakit maag Anda kambuh, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan lunak dan berserat, seperti bubur dan sayur-sayuran. Dan jangan lupa juga untuk mengknsumsi buah-buahan yang bersifat lunak, seperti pepaya.


Sumber: Jomblo.com