Gejala Penyakit Datang, Atasi dengan Makanan Ini




Ikan salmon ternyata ampuh mengatasi nyeri sendi. (iStock)




Ikan salmon ternyata ampuh mengatasi nyeri sendi. (iStock)



VIVAlife - Kondisi cuaca yang tidak menentu sering bisa melemahkan kekebalan tubuh. Tubuh pun lebih rentan penyakit. Mengonsumsi obat kimia, efeknya bisa tak baik untuk tubuh. Coba atasi gejala-gejala penyakit dengan bahan-bahan alami.


Dilansir situs Eating Well, banyak bahan alami yang bermanfaat sebagai peredam penyakit. Mual, sakit kepala, infeksi saluran kemih, infeksi jamur, sampai radang sendi bisa disembuhkan lebih dini.


Kopi untuk sakit kepala


Saat musim hujan, sakit kepala sering menyerang sebelum akhirnya berkembang menjadi flu. Atasi itu dengan dua cangkir kopi. Penelitian mengungkap, 200 miligram kafein dapat mengurangi sakit kepala, termasuk migrain.


Jahe untuk atasi mual


Jahe dapat membantu mengontrol mual yang berhubungan dengan kehamilan, pembiusan saat operasi, dan saat berlayar. Saat merasa mual, ambil 1 hingga 2 gram jahe segar lalu masukkan ke dalam air hangat atau teh. Satu gram jahe kurang lebih 1/4 ukuran jahe.


Tapi, jangan konsumsi jahe berlebihan. Mengonsumsi jahe lebih dari 6 gram sekaligus justru bisa membuat perut sakit.


Jus cranberry untuk atasi infeksi saluran kemih


Jus cranberry dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Ia mengandung senyawa proanthocyanidins yang menjaga bakteri berbahaya menempel di kandung kemih. Jika dalam setahun terjadi tiga kali infeksi saluran kemih, minumlah jus cranberry secara teratur.


Ruth Jepson, peneliti di Universitas Stirling Skotlandia, merekomendasikan minum jus ini dua hari sekali. Konsumsi 1/3 cup cranberry kering setiap hari juga dapat mencegah infeksi saluran kemih. Jika sulit mencari cranberry, atasi dengan banyak minum air putih.


Yogurt untuk atasi infeksi jamur


Beberapa penelitian mengungkap, wanita yang rutin mengonsumsi yogurt memiliki keseimbangan bakteri dan lebih jarang terjangkit infeksi. Namun belum ada penelitian yang mengatakan bahwa yogurt dapat meringankan penyakit saat infeksi sudah berkembang.


Meski begitu, jika Anda rentan terhadap infeksi jamur, mengonsumsi secangkir yogurt setiap hari bisa jadi cara pencegahan.


Ikan berlemak untuk atasi nyeri sendi


Mengonsumsi asam lemak omega-3 dalam bentuk suplemen atau minyak ikan dapat mengurangi timbulnya penyakit autoimun kronis pada sendi, rheumatoid athritis.


Sedangkan memakan ikan kaya dengan omega-3 dapat meredakan sakit sendi. Konsumsi ikan terutama tipe berlemak seperti salmon tiap dua kali seminggu juga dapat menjaga kesehatan jantung. (eh)