Berburu Kuliner Daerah di Jakarta




Bunga pepaya, salah satu menu di Beautika. (beautika.net)




Bunga pepaya, salah satu menu di Beautika. (beautika.net)



VIVAlife - Kuliner Indonesia memang selalu memiliki tempat yang spesial di hati masyarakatnya. Ibukota Jakarta, tempat berkumpulnya orang dari segala suku dan daerah tentu saja memiliki berbagai tempat makan yang menjual aneka kuliner daerah mulai dari kuliner Sunda, Yogyakarta, Padang, Lombok, Manado hingga Aceh.


Nah, jika Anda penggemar kuliner daerah wajib mencoba menyantapnya di beberapa rumah makan di Jakarta berikut ini.


Satai Maranggi Bu Yayah


Terletak di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, warung makan ini menawarkan hidangan khas Purwakarta, Jawa Barat yakni satai maranggi. Satai maranggi disini ada yang terbuat dari daging ayam, sapi dan kambing.


Selain terkenal dengan kelezatan bumbunya, satai di sini juga terdiri dari tiga potong daging yang besar-besar tiap tusuknya. Saat menunggu satai dibakar, hidung Anda sudah digoda dengan aroma menggelitik bumbu daging yang terbuat dari bawang putih, merica, ketumbar dan gula merah.


Saat matang, satai disajikan dengan bumbu kecap dan potongan tomat serta bawang merah. Tak perlu takut daging satai alot. Di sini tekstur dagingnya begitu empuk dan lembut bahkan terasa hampir meleleh di lidah.


Tak hanya satai maranggi, warung ini pun menyajikan sejumlah menu lainnya seperti sop iga sapi, pepes, ayam goreng, sayur asem dan oseng-oseng daun pepaya.


Jalan Laboratorium No. 3,

Komp. PLN Duren Tiga, Jakarta-Selatan




Satai Padang Ajo Ramon


Keunikan warung satai padang ini adalah pengunjung dapat memilih sendiri jenis satai yang dipesan mulai dari lidah, jantung, usus, daging atau kombinasi.


Sate Padang disajikan bersama potongan ketupat dan siraman bumbu yang kental dan tentu saja pedas. Tak lupa diberi taburan bawang goreng renyah.


Jika Anda ingin mencicipi satai padang khas daerah Pariaman, Sumatera Barat ini harus buru-buru datang karena setiap harinya satai selalu diserbu para pengunjung.


Jalan Cipaku 1, Pelataran Parkir Pasar Santa

Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

RM Taliwang Bersaudara


Jika suatu saat Anda rindu menyantap ayam taliwang, tak perlu jauh-jauh ke Lombok, Nusa Tenggara Timur. Di ibukota pun Anda dapat menemukan ayam taliwang yang sama lezatnya dengan yang ada di Lombok.


Bertempat di Jalan Panglima Polim, Rumah Makan Taliwang Bersaudara menjual deretan menu khas Lombok seperti satai penco dan satai pusut. Namun, yang menjadi andalan tentu saja ayam taliwangnya.


Ayam yang digunakan merupakan ayam kampung muda yang dimasak dengan cara dibakar dalam bentuk utuh dan sambil terus menerus diolesi bumbu plecing. Rasa pedas, asin dan gurih sangat dominan. Tekstur ayam pun sangat lembut dan bumbunya meresap hingga ke daging bagian dalam.



Jalan Panglima Polim IV/125

Jakarta Selatan


Beautika


Kuliner khas Manado terkenal dengan kepedasannya yang luar biasa. Jika Anda salah satu penggemarnya maka patut mencicip hidangan Manado di restoran ini.


Dinamakan Beautika, restorang yang terletak di depan Universitas Moestopo tersebut menyajikan begitu banyak jenis hidangan Manado yang diletakkan di bagian depan sebagai display layaknya RM Padang.


Terpampang hidangan dengan kuah dan bumbu menggoda seperti ayam woku yang dipotong-potong dan disajikan dengan cabai hijau, sayur garo yakni campuran bunga pepaya, daun melinjo dan kangkung, ikan cakalang garo rica, cumi woku belanga dan masih banyak lagi.


Anda dapat melihat-lihat hidangan yang telah dipajang lalu memesan kepada pelayan dan pesanan Anda akan diantar ke meja.


Yang pasti, saat bersantap di sini, jangan lupa memesan sambal dabu-dabu yakni sambal segar yang terbuat dari irisan cabai rawit, tomat dan bawang merah yang ditambahkan dengan gula, garam, minyak dan air perasan jeruk nipis.


Jalan Hang Lekir No.1,

Jakarta Selatan