FOTO: Dibuka, Tantangan Renang Terdingin di Dunia




Harbin Ice Swimming Competition digelar membuka Harbin Internasional Snow and Ice Festival. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)




Harbin Ice Swimming Competition digelar membuka Harbin Internasional Snow and Ice Festival. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)



VIVAlife - Suhu udara sedang sangat dingin, namun 700 ribu orang di China justru melepaskan mantel tebal mereka. Dengan hanya mengenakan pakaian renang, satu per satu menceburkan diri ke sebuah kolam bersuhu minus 27 derajat celsius.


Ini tantangan ekstrem Harbin Ice Swimming Competition. Acara yang diselenggarakan Minggu, 5 Januari 2014 di Provinsi Heilongjiang, China itu merupakan awal dari Harbin Internasional Snow and Ice Festival. Jelas, ini merupakan kompetisi renang terdingin yang pernah ada.


Sejak pagi, petugas sudah sibuk meretakkan es yang melapisi kolam sepanjang 25 meter itu. Para peserta kompetisi renang mengisi energi dengan jagung-jagung rebus yang asapnya masih mengepul liar. Saat pengumuman permulaan lomba sudah menggema, mereka bersiap.


Harbin Ice Swimming Competition


Harbin Ice Swimming Competition


Harbin Ice Swimming Competition


Para peserta itu dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin dan usia. Masing-masing kemudian dipanggil oleh petugas yang tubuhnya terbungkus mantel tebal, untuk melompat ke dalam kolam dengan suhu air menusuk tulang. Sekeliling kolam masih tertutup es tebal.


Di tepian kolam, masyarakat setempat berkerumun. Sambil menggigil kedinginan dan rambut yang dipenuhi titik-titik salju, mereka bersorak menyemangati jagoan masing-masing.


Harbin Ice Swimming Competition memang tontotan yang menarik. Namun, bukan hanya itu saja acara dalam Harbin Internasional Snow and Ice Festival. Anak-anak, bisa bermain papan luncur memutari kolam renang, sambil ditarik seekor anjing.


Di sekitaran Sungai Songhua, dekat perbatasan Siberia, patung-patung es megah berdiri tegak. Sekitar 10 ribu orang dipekerjakan untuk membuat patung es di areal seluas 600 meter persegi. Di malam hari, bangunan-bangunan megah itu bisa menyala-nyala indah.


Harbin Ice and Snow Festival


Selain Ice Lantern Garden Party, masyarakat juga bisa menikmati pertunjukan seni, teater, ski, dan skating. Opsi lainnya, mengunjungi Siberian Tiger Park, serta menyaksikan pertunjukan menyelam dan memancing di sungai beku.


Mengutip Daily Mail, Harbin Internasional Snow and Ice Festival sendiri sudah digelar untuk ke-29 kali. Itu salah satu festival es terbesar di dunia, selain Japan’s Sapporo Snow Festival, Canada’s Quebec Winter Carnival, dan Norway’s Ski Festival. (umi)