Resolusi Tahun 2014 bagi Wanita Karir (II)




Jadilah lebih ambisius namun juga lebih dekat dengan keluarga di tahun 2014. (iStock)




Jadilah lebih ambisius namun juga lebih dekat dengan keluarga di tahun 2014. (iStock)



VIVAlife - Wanita memang telah mendapatkan posisi yang setara dengan para laki-laki dalam mendapatkan pekerjaan. Kesempatan tersebut tidak boleh disia-siakan dengan etos kerja yang rendah.


Meski banyak yang menganggap rendah kemampuan wanita dibandingkan para laki-laki, Anda tidak boleh berkecil hati. Dilansir dari Huffington Post, beberapa hal dibawah ini bisa menjadi resolusi karir agar jauh lebih berprestasi di 2014.


Hindari cara manipulatif

Wanita memiliki kecenderungan menghitung apa yang telah diberikan dan apa yang akan didapatkan sebagai balasannya. Misalnya mengambil hati rekan kerja atau atasan dengan hal-hal remeh seperti menawarkan kopi dan berharap Anda bisa dekat dengan mereka sehingga mudah mendapatkan promosi jabatan. Cara-cara manipulatif seperti itu hanya akan membuat situasi kerja Anda tidak kondusif, lingkungan yang tidak bersahabat, dan membuang-buang waktu Anda.


Lebih ambisius

Tanpa disadari, kebanyakan wanita cenderung takut untuk berambisi dan meraih kesuksesan. Mereka juga takut tidak layak menerima kenaikan gaji, promosi jabatan dan sejenisnya dan khawatir kesuksesan dapat menjauhkan mereka dari sahabat dan pasangan. Sebaliknya, jika berhenti merasa bersalah terhadap pencapaian Anda, sahabat dan pasangan justru akan jauh lebih menghargai Anda.



Lebih dekat dengan keluarga


Pulang lebih awal untuk makan malam dengan pasangan atau memeluk si kecil bisa jadi hal yang menyenangkan sekaligus penyeimbang kehidupan. Sebuah studi yang di terbitkan dalam jurnal Gender & Society menunjukkan bahwa bekerja selama 50 jam selama seminggu atau lebih tidak akan membantu perempuan dalam mengembangkan karirnya secara professional, justru sebaliknya. Karena itu, jangan terlalu ngoyo mengejar prestasi, menghabiskan waktu bersama keluarga justru bisa membuat Anda lebih cemerlang di tempat kerja. (eh)