Pria Berbusana Terbaik 2013: Paus Fransiskus




Paus Fransiskus saat menjadi sampul majalah Time. (REUTERS/Time Inc./Handout via Reuters)




Paus Fransiskus saat menjadi sampul majalah Time. (REUTERS/Time Inc./Handout via Reuters)



VIVAlife - Bertambah satu lagi sebutan untuk Paus Fransiskus: ikon gaya. Bagaimana tidak, ia baru saja dinobatkan sebagai pria berbusana terbaik tahun ini, oleh majalah Esquire edisi Amerika Serikat. Majalah itu mengakui pilihannya memang tidak biasa.


Namun, itu disebabkan gaya berpakaian Paus yang menurutnya memang unik. Mengutip Daily Mail, kesederhanaan pakaian Paus mencerminkan era baru dan harapan baru bagi Gereja Katolik di seluruh dunia.


Gayanya memang biasa, namun itu merefleksikan kewibawaan sekaligus kerendah-hatian.


Mary Lisa Gavenas, penulis The Fairchild Encyclopedia of Menswear menuturkan, Paus memahami bahwa busana pria memang dimaksudkan bukan untuk sekadar bergaya. “Dia memahami bahwa pakaian pria dimaksudkan untuk mengungkapkan karakter penggunanya,” katanya.


Komentar positif juga dilontarkan Ann Pellegrini, profesor untuk Studi Kinerja dan Agama di New York University. Menurutnya, busana Paus menguarkan keprihatinan teologis terhadap masyarakat dari berbagai kalangan, terutama golongan ekonomi lemah.


Setelah terpilih Maret lalu, Paus Fransiskus memang menjadi sosok yang cukup banyak diperbincangkan. Ia dikenal dengan sikapnya yang begitu bersahaja dan pidato-pidatonya yang kharismatik.


Ia pernah berlutut untuk mencuci dan mencium kaki beberapa remaja saat kunjungan Paskah ke pusat penghukuman anak-anak muda. Dua di antara mereka yang membuatnya berlutut adalah perempuan. Satu di antaranya, seorang muslim.


Juli lalu, ia mengundang beberapa tunawisma untuk makan bersamanya di Lapangan Santo Petrus, Vatikan. Paus juga pernah berpose selfie dengan beberapa remaja di bulan Agustus. Tak hanya itu, Paus pun pernah berfoto dengan hidung badut bersama pasangan yang baru menikah.


Baru-baru ini, Paus tampil di sampul majalah Time. Ia disebut sebagai "Person of the Year", penghargaan yang pernah diberikan pada Churchill, Ronald Reagan, dan John F. Kennedy. (eh)