VIDEO: Rasa 'Menggigit' Tumis Ikan Keumamah Khas Aceh




Tumis ikan keumamah khas Aceh. (topik siang-antv)




Tumis ikan keumamah khas Aceh. (topik siang-antv)



VIVAlife - Tak lengkap rasanya mengunjungi Aceh tanpa mencicipi makanan khasnya. Lepas menyambangi keindahan alam yang cantik, perut keroncongan dan dahaga yang menyerang butuh dimanjakan.


Ingin makanan yang rasanya begitu mengigit lidah? Coba salah satu olahan ikan tongkolnya. Ya, ikan tongkol memang menu biasa. Tapi, masyarakat Aceh bisa menjadikannya hidangan luar biasa.


Keunikan rasanya seakan awet melekat pada lidah. Nama menu itu: Tumis Ikan Keumamah atau Ikan Kayu. Proses pembuatannya tak sembarangan. Butuh beberapa tahap agar kekuatan rasanya menguar nikmat.


Pertama, ikan tongkol dikeraskan. Bersihkan ikan, kemudian rebus selama dua jam. Setelah itu, jemur berhari-hari hingga mengering dan mengeras. Ikan tongkol yang sudah dikeraskan ini bisa tahan berbulan-bulan.


Jika ikan sudah siap, raciklah bumbu halus yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, jahe, dan ketumbar. Kekayaan rempah Aceh itu akan menimbulkan rasa menggigit. Selanjutnya, ikan tongkol yang telah disuir-suir kecil, ditumis bersama bumbu yang sudah dihaluskan.


Agar lebih lezat, tambahkan cabai hijau, asam sunti, belimbing wuluh, daun temurai, dan serai. Campuran bahan-bahan tradisional itu menciptakan rasa unik yang nyata. Setelah matang, Tumis Ikan Keumamah pun siap disantap.


Sungguh nikmat disajikan di siang hari, bersama minuman dingin yang menyegarkan. Di Aceh, ada sebuah minuman yang cocok dipadukan dengan menu itu. Yakni, es dengan buah segar yang diserut.


Serutan tipis wortel atau pepaya, diolah dengan minuman manis dengan tambahan es. Benar-benar memanjakan lidah dan perut. Anda bisa ‘mencicip’ menu khas Aceh itu melalui video ini . (umi)