VIDEO: Ponsel Pintar Ini Bisa Deteksi Detak Jantung Janin




Baby Watch, peralatan untuk mendengar detak jantung bayi di dalam perut. (www.babywatchome.com)




Baby Watch, peralatan untuk mendengar detak jantung bayi di dalam perut. (www.babywatchome.com)



VIVAlife - Masa kehamilan merupakan saat-saat membahagiakan bagi wanita. Apalagi saat merasakan tanda-tanda kehadiran janin di dalam perut. Tendangan kecil saja, sudah bisa membuat wanita tersenyum.


Apalagi bisa mendengar detak jantung calon buah hatinya. Sangat menyentuh emosi.


Untuk itu, kini para wanita hamil tak perlu lagi pergi ke dokter kandungan. Detak jantung janin juga bisa didengar di rumah, dengan bantuan perangkat elektronik yang tersambung dengan ponsel pintar.


Namanya: Baby Watch. Detak jantung bayi akan divisualisasikan dalam bentuk grafik dan angka.


Teknologi baru itu diciptakan seorang inovator, Urska Srsen, melalui sebuah perusahaan asal Berlin, Jerman. Peluncuran sudah dilakukan sejak Oktober lalu.


Satu unit peralatannya dijual dengan harga US$99, atau sekitar Rp1,1 juta. Alat itu sudah termasuk aplikasi yang tertanam di dalamnya.


Sebenarnya, alat untuk mengukur detak jantung bayi sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Namun baru kali ini, alat tersebut mampu dihubungkan dengan ponsel pintar melalui aplikasi khusus.


Mengutip laman Babywatchome, alat itu memungkinkan wanita hamil berbagi pengalaman kehamilan melalui media sosial. Lebih lengkap lagi, ia juga memberikan prediksi tanggal kelahiran dan mengatur waktu kontrol kehamilan ke dokter.


Intip pengalaman wanita hamil merasakan detak jantung janin mereka dengan Baby Watch, melalui video ini . (umi)