Riset: 1 Jam Olahraga Rutin Perbanyak Jumlah Sperma




Sperma (http://www.rinagu.com)




Sperma (http://www.rinagu.com)



VIVAlife - Berolahraga rutin selama satu jam dalam seminggu bagus dampaknya terhadap kesehatan reproduksi pria. Penelitian terbaru dari Harvard menemukan olahraga selama satu jam akan meningkatkan jumlah sperma pria secara signifikan.


Dalam studi tersebut, peneliti membandingkan pria yang rutin berolahraga moderat hingga berat selama tujuh jam seminggu dan pria yang hanya berolahraga satu jam seminggu. Hasilnya, olahraga sejam berhasil memperkuat sperma 43 persen lebih tinggi daripada pria yang berolahraga kurang dari satu jam atau lebih dari satu jam per minggu.


"Olahraga teratur meningkatkan enzim antioksidan di seluruh tubuh yang melindungi dari oksigen reaktif perusak sel-sel sperma," kata penulis studi ini, Audrey Gaskins, seperti dimuat Men's Health, Rabu 23 Oktober 2013.


Berkeringat, kata Gaskins juga dapat meningkatkan kadar testosteron dan sensitivitas insulin. Kedua hormon ini membantu produksi sperma.


Tapi ingat, jangan memilih olahraga sepeda. Dalam studi yang sama dibuktikan bahwa bersepeda adalah satu-satunya aktivitas fisik yang menurunkan tingkat sperma. Pria yang mengayuh sepeda 90 menit seminggu memiliki sperma 34 persen lebih sedikit daripada mereka yang tidak menggunakan sepeda.


Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa bersepeda merugikan organ seks pria karena menurunkan aliran darah ke testis dan pada akhirnya mengurangi produksi hormon testosteron. (kd)