Intip Menu Sarapan dari Berbagai Negara




Syrniki digoreng dengan minyak sehingga permukaan luarnya garing, namun bagian dalamnya lembut. (delightsofculinaria.com)




Syrniki digoreng dengan minyak sehingga permukaan luarnya garing, namun bagian dalamnya lembut. (delightsofculinaria.com)



VIVAlife - Sarapan merupakan hidangan pembuka pagi, yang menyediakan tenaga untuk beraktivitas hingga siang hari.

Di Indonesia, Nasi Goreng, Nasi Uduk, Bubur dan Lontong Sayur, adalah hidangan favorit di pagi hari. Mereka kerap dipasangkan dengan secangkir teh ataupun segelas susu.


Bagaimana dengan hidangan sarapan di negara-negara lain? Pasti tak kalah lezat. Beberapa negara ini memiliki menu sarapan unik, dan sudah menjadi tradisi seperti dilansir Travelandleisure.


1. Chawanmusi - Jepang

Berupa krim sup yang nikmat dan diberi perasa kaldu. Tekstur dari sup begitu kental dan halus. Menambahkan sensasi nikmat sup berisi telur kukus, jamur shitakke dan ikan pati ini.


2. Huitlacoche - Meksiko

Dari tampak luar, makanan ini terlihat tidak sehat. Berupa jagung hitam yang sudah dikerubungi jamur, sehingga tidak sedap dipandang. Namun jangan khawatir, ternyata menu sarapan ini aman dan sering dipadukan dengan omelet.


3. Haggis - Skotlandia

Menu sarapan yang unik. Terbuat dari rempah-rempah, lemak, bawang dan daging domba cincang. Semua bahan tersebut diracik menjadi adonan, diberi kaldu dan kemudian dibungkus.


4. Ackee - Jamaika

Ackee berupa orak arik telur yang disajikan dengan ikan putih. Menu sarapan ini bernutrisi tinggi, tidak kalah dengan buah-buahan segar.


5. Siri Paya - Pakistan dan Bangladesh

Siri berarti 'Kepala' dan Paya berarti 'Kaki'. Ini adalah sup yang berisi olahan kepala dan kaki sapi, domba atau kambing. Bahan tersebut dimasak dengan tomat, bawang, kari dan rempah-rempah.


6. Filmjolk - Skandinavia

Rasa asam memperkaya menu sarapan ini. Filmjolk terbuat dari susu fermentasi seperti yoghurt, biasanya digunakan untuk melengkapi sereal. Negara-negara di Skandinavia seperti Norwegia, Finlandia dan Swedia, menggemari menu sarapan ini.


7. Syrniki - Rusia

Mirip seperti pancake, namun dilengkapi dengan keju dan krim sebagai isinya. Syrniki digoreng dengan minyak sehingga permukaan luarnya garing, namun bagian dalamnya lembut. Sebagai pelengkap, makanan ini diolesi madu ataupun krim di atasnya. (eh)