Ketahui 6 Hal Ini Sebelum Suntik Vitamin C




Suntik vitamin C kini banyak dilakukan oleh wanita untuk mencerahkan kulit. (telegraph.co.uk)




Suntik vitamin C kini banyak dilakukan oleh wanita untuk mencerahkan kulit. (telegraph.co.uk)



VIVAlife - Asam askorbat atau vitamin C merupakan salah satu nutrisi esensial yang dibutuhkan dalam peroses pembentukan kolagen. Namun sayangnya vitamin ini tak mampu diproduksi sendiri oleh tubuh.


Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu tubuh memproduksi vitamin C dengan oral atau injeksi. Salah satu cara yang kini digemari para wanita adalah injeksi.


Nah, sebelum melakukan suntik vitamin C, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal berikut ini.



Melembapkan kulit


Menurut pakar dermatologis, dr. Gloria Novelita, vitamin C bermanfaat membuat kulit lebih lembab, mencerahkan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki sifat antioksidan. Namun ada pula yang sengaja suntik vitamin C karena kulit kering.


"Vitamin C memang dapat mengatasi kulit kering. Namun kalau masalah hanya sekadar masalah kulit kering, pelembab saja sudah cukup. Tak perlu suntik," katanya saat dihubungi VIVAlife, Rabu, 18 September 2013.


Banyak konsumsi air putih


Karena vitamin C diekskresikan di ginjal maka pasien harus banyak mengonsumsi air putih.


Cek riwayat penyakit


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan suntik vitamin C. Salah satunya mengecek riwayat penyakit. Wanita yang sudah berusia 40 tahun ke atas umumnya sudah rawan penyakit, seperti hipertensi, diabetes, dan ginjal.


Konsultasi ke dokter


Hal yang harus dilakukan sebelum suntik vitamin C adalah konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Tujuannya untuk mengetahui masalah kulit.


"Kalau ingin lebih lembab, warna lebih merata bisa suntik vitamin C," ujar Gloria.



Tenaga medis khusus


Penyuntikan vitamin C tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Tindakan ini harus dilakukan oleh seseorang yang kapabel atau tenaga medis khusus.


Tergantung aktivitas dan pola makan


Kalau aktivitas dan pola makan sudah baik dilakukan, maka tak perlu penyuntikan vitamin c secara rutin -- dua pekan sekali. (eh)