Hindari Lima Posisi Duduk Ini Bagi Ibu Hamil




Posisi duduk yang salah bisa berdampak buruk pada kesehatan ibu dan bayi saat lahir. (iStockphoto)




Posisi duduk yang salah bisa berdampak buruk pada kesehatan ibu dan bayi saat lahir. (iStockphoto)



VIVAlife - Saat hamil banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk posisi duduk. Meski terdengar sepele, posisi duduk ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar pada ibu dan janin.


Posisi duduk yang salah bisa berdampak buruk pada kesehatan ibu dan bayi saat lahir. Bahkan bisa membahayakan keselamatan bayi yang Anda kandung. Dilansir Boldsky, berikut posisi duduk yang tidak boleh dilakukan ibu hamil.


Posisi bungkuk

Saat posisi membungkuk, punggung Anda tidak akan terjaga lurus. Selain itu, berat badan akan dibebankan pada sumsum tulang belakang yang dapat membahayakan Anda dan janin yang ada dalam perut.


Duduk dengan kaki menggantung

Saat kaki Anda menggantung, aliran darah ke kaki akan meningkat. Alhasil, kaki akan mengalami pembengkakan.


Duduk tanpa sandaran

Tidak ada sandaran saat duduk, menyebabkan punggung dalam posisi tegang. Punggung juga akan lekas terasa nyeri dan pegal. Oleh karena itu, saat duduk pilih kursi yang memiliki sandaran agar punggung nyaman.


Membungkuk ke depan

Ini merupakan posisi yang paling berbahaya bagi ibu hamil. Saat Anda membungkuk ke depan, beban tubuh beralih menekan perut Anda. Apalagi jika masa kehamilan memasuki fase lanjut, tulang rusuk Anda dapat menekan tubuh bayi.


Posisi duduk setengah

Ibu hamil sering duduk dengan posisi seperti ini. Namun tahukah Anda bahwa pada posisi ini sumsum tulang belakang menahan berat tubuh Anda. Itulah sebabnya jika Anda duduk dalam waktu yang lama, punggung akan terasa nyeri dan pegal. (umi)