KONSULTASI: Olahraga Tepat Bagi Pemilik Golongan Darah O




Orang yang memiliki golongan darah O akan sangat berkembang jika melakukan latihan intens. (iStockphoto)




Orang yang memiliki golongan darah O akan sangat berkembang jika melakukan latihan intens. (iStockphoto)



VIVAlife - Pemilik golongan darah O dianjurkan untuk melakukan jenis olahraga yang intens. Menurut dr. Margareta Amelia, semakin intens latihan yang dilakukan, mereka akan merasa tubuhnya lebih baik dan mendapatkan hasil yang lebih baik pula. Simak selengkapnya dalam tanya jawab dr. Margareta dengan pembaca VIVAlife berikut ini.


Tanya:


Dear viva konsultasi, umur saya 34 tahun dan tinggi 187 centimeter dan berat 83 kilogram. Pertama saya ingin tanya kenapa kepala saya gliyeng terus dan tensi saya rata-rata 100/70 yang membuat saya cepat lemas dan capek setiap beraktivitas. Bagaimana cara agar saya tidak mengalami kondisi tersebut padahal asupan makanan sudah tidak telat karena saya mengidap penyakit maag?


Saya sudah cek laboratorium dua kali dan hasilnya normal-normal saja. Saya juga ingin tanya berapa bulan atau berapa tahun, idealnya check-up ke laboratorium? Kemudian olahraga apa yang cocok untuk saya yang bergolongan darah O. Terimakasih atas waktu dan kesempatannya.


I Made Dedy Ari Asmara


Jawab:


Dear I Made Dedy Ari Asmara, dari data yang Anda sampaikan, untuk berat badan Anda sudah cukup ideal, dan sebaiknya dipertahankan seperti sekarang ini dengan melakukan olahraga yang cukup.


Orang yang memiliki golongan darah O akan sangat berkembang jika melakukan latihan intens. Semakin intens latihan yang mereka lakukan, mereka akan merasa tubuhnya lebih baik dan mereka akan mendapatkan hasil yang lebih baik pula.


Dengan begitu akan mendapatkan hasil yang baik karena bisa kehilangan berat badan lebih banyak dengan olahraga yang dilakukan. Selain itu lemak banyak terbakar menjadi energi. Dengan melakukan olahraga juga dapat merangsang pelepasan endorfin yang besar di otak, yang memberikan efek relaks dan menyenangkan.


Agar mengurangi rasa gliyeng dengan tekanan darah 100/70 mmHg, sebenarnya dapat ditingkatkan sedikit sehingga mencapai tekanan darah 120/80 mmHg, dengan mengonsumsi daging-daging merah seperti kambing, hati ayam. Sebaiknya dilakukan cek kadar Hemoglobin, bila hasilnya Anda kekurangan hemoglobin, dapat diberikan tablet penambah darah yang mengandung zat besi, konsumsi sehari sekali.


Untuk melakukan check-up laboratorium sebaiknya setiap enam bulan atau satu tahun sekali sudah cukup bila hasilnya selama ini normal-normal saja.


Semoga membantu.


Margareta Amelia


dr. Margareta Amelia


Meetdoctor


***


Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id


Masalah anda akan dijawab oleh para dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.