5 Langkah Merawat Lingerie Agar Tahan Lama




Lingerie motif floral (Galtime)




Lingerie motif floral (Galtime)



VIVAlife - Mencuci pakaian merupakan suatu keharusan untuk menjaga kebersihan dan membuatnya tahan lama. Tak ketinggalan mencuci lingerie dan pakaian dalam lainnya. Untuk mencucinya harus hati-hati dan menggunakan teknik yang tepat.


Jika tidak, lingerie dan pakaian dalam Anda akan kehilangan elastisitas, warna memudar dan bahkan cepat rusak. Jangan samakan lingerie serta pakaian dalam dengan pakaian lainnya.


Hal tersebut karena pakaian dalam dirancang dengan bahan khusus untuk menopang area tubuh tertentu. Salah mencuci akan merusak fungsi. Untuk itu, simak cara mencuci dan merawat lingerie serta pakaian dalam yang tepat berikut ini.



1. Baca label


Lingerie atau bra Anda dapat lebih cepat kehilangan elastisitas jika tidak dicuci dengan benar. Bra harus dicuci dengan hati-hati karena memiliki bantalan atau underwire. Selalu baca label bahan kain. Bra yang dibuat dengan kain yang berbeda seperti katun, satin sutra, dan lycra seperti dikutip dari Bold Sky membutuhkan penanganan serta perawatan yang berbeda.


2. Sikat lembut

Untuk mencuci lingerie terutama bra, sebaiknya jangan dengan mesin cuci. Cukup rendam di dingin yang telah diberi deterjen. Biasakan untuk mengaitkan pengkait bra sebelum mencucinya. Gosok tali bra dengan sikat lembut. Ini adalah cara yang efektif untuk mencuci bra dan mencegah agar tidak melar.


3. Pisahkan

Hindari mencuci lingerie bersama dengan pakaian lain terutama pakaian berwarna gelap. Ini agar membantu melindungi dan mencegah warna lingerie memudar. Untuk mencuci lingerie yang terbuat dari kain sutra atau satin, gunakan deterjen ringan atau sabun. Mencucinya dengan tangan adalah cara terbaik agar lingerie lebih tahan lama.


4. Keringkan alami

Jangan mengeringkan lingerie di dalam pengering mesin cuci. Biarkan lingerie Anda kering dengan alami dengan cara dijemur untuk mencegah lingerie menyusut.



5. Air dingin


Selalu cuci lingerie dengan menggunakan air dingin. Air hangat dikhawatirkan dapat merusak elastisitasnya. (eh)