Busana Muslim Dramatis Karya Barli Asmara




Koleksi B karya Barli Asmara (JIFW/ Adrianus Adrianto)




Koleksi B karya Barli Asmara (JIFW/ Adrianus Adrianto)



VIVAlife - Jelang Ramadan mulai banyak desainer yang mengeluarkan koleksi busana muslim. Tak ketinggalan Barli Asmara yang baru saja meluncurkan lini busana muslim perdananya, B by Barli Asmara. Pada perhelatan Jakarta Islamic Fashion Week (JIFW) 2013 lalu ia menampilkan 36 koleksi dari B.

"Disebut B karena merepresentasikan beautiful, brain dan bold. Inspirasi nya adalah dari busana, lagu dan film era 1940-an salah satunya juga oleh tokoh Audrey Hepburn," ujar Barli.


Koleksi busana muslim ready to wear ini bernuansa monokrom atau hitam putih tersebut didesain begitu elegan dengan motif yang bervariasi. Untuk kainnya sendiri, Barli memilih satin, gorgette, beludru dan organdi menambah kesan dramatis pada busana-busana muslimnya.


Hitam dan putih dipilihnya karena merupakan warna yang kuat. "Hitam putih adalah warna yang lebih klasik dan longlast. Hitam bukan berarti kelam, tapi berani. Putih melambangkan kesucian," jelasnya.


Barli juga memadukan koleksi busananya dengan aksesori manis seperti kalung dan gelang beads handmade yang unik hingga sepatu dengan topi lebar dan hijab yang menarik. Aksesori tersebut diakuinya ia desain sendiri dengan payet, mutiara dan manik-manik hitam.


Melalui peragaam busana berjudul "Beaute en Noir et Blanc" ini Barli juga ingin menyampaikan pesan bahwa busana muslim tak hanya kaftan atau abaya saja. Para wanita berhijab dapat melakukan banyak variasi dalam berbusana muslim.


"Keinginan para hijabers untuk tetap modis dengan hijab mereka adalah alasan utama saya meluncurkan B. Alasan lain adalah saya ingin mengubah siluet yang tadinya kaftan all size dengan jaket atau blazer yang dipadukan dengan celana jeans, legging dan sebagainya," ungkap desainer kelahiran 1978 itu.