Turis dari 15 Negara Ini Paling Boros Sedunia




Turis asal China berbelanja sepatu di Inggris. (Reuters)




Turis asal China berbelanja sepatu di Inggris. (Reuters)



VIVAlife - Turis asal China adalah pelancong yang paling boros dalam menghambur-hamburkan uang tunai. Demikian laporan terbaru United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Nilai mata uang yang meningkat mendorong wisatawan China menembus rekor pengeluaran US$ 102 miliar untuk pariwisata internasional pada 2012. Jumlah ini naik 40 persen dari US$ 73 miliar pada 2011.


Kenaikan tersebut seiring dengan pertumbuhan wisatawan asal China selama 10 tahun terakhir. Menurut UNWTO, turis China tumbuh dari 10 juta pada 2000 menjadi 83 juta pada 2012. Rata-rata pengeluaran turis China sebesar US$1,230 per perjalanan. Turis paling boros kedua dan ketiga masing-masing ditempati wisatawan asal Jerman dan AS.



Wisata Belanja


Saat berwisata, para pelancong dari negeri Tirai Bambu bukan mencari keindahan alam atau spot wisata khas. Mereka lebih tertarik pada wisata belanja. Hal ini diungkapkan Dr. Yong Chen dari Hong Kong Polytechnic University.


"Sepuluh tahun lalu, wisatawan China akan membeli souvenir saat berlibur. Saat ini mereka membeli produk mewah seperti tas dan jam tangan desainer di Italia dan Paris," ujar Chen.


Dr. Wolfgang George Arlt, Direktur China Outbound Tourism Research Institute (COTRI) juga mengamini pendapat Dr. Chen. Belanja menurutnya jadi pendorong utama warga China melakukan perjalanan


Berikut 15 turis paling boros di dunia pada 2012


1. Cina - US$ 102 miliar


2. Jerman - US$ 83,8 miliar


3. Amerika Serikat - US$ 83,7 miliar


4. Inggris Raya - US$ 52,3 miliar


5. Federasi Rusia - US$ 42,8 miliar


6. Prancis - US$ 38,1 miliar


7. Kanada - US$ 35,2 miliar


8. Jepang - US$ 28,1 miliar


9. Australia - US$ 27,6 miliar


10. Italia - US$ 26,2 miliar


11. Singapura - US$ 22,4 miliar


12. Brasil - US$ 22,2 miliar


13. Belgia - US$ 21,7 miliar


14. Hong Kong (China) - US$ 20,5 miliar


15. Belanda - US$ 20,2 miliar (eh)