Empat Kesalahan dalam Perawatan Kuku




Memiliki kuku indah dan sehat adalah impian setiap wanita. (istockphoto)




Memiliki kuku indah dan sehat adalah impian setiap wanita. (istockphoto)



VIVAlife - Memiliki kuku indah dan sehat adalah impian setiap wanita. Dengan kuku yang cantik, penampilan Anda pun akan semakin menarik.


Ada banyak perawatan yang bisa dilakukan untuk memperindah kuku Anda. Mulai dari mengikir hingga menggosok dengan buffer agar kuku lebih mengkilap.


Namun, tak sedikit wanita melakukan kesalahan dalam perawatan kuku. Umumnya kesalahan yang berujung pada rusaknya kuku ini jarang disadari. Nah, agar kuku tetap cantik dan terawat, pastikan Anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini seperti dilansir dari laman Times of India.


1. Tidak mengikir kuku dengan satu arah


Kuku Anda terlihat rapuh, rusak, dan mudah dikelupas seperti lapisan bawang? Hal ini bisa jadi disebabkan Anda mengikir kuku dengan dua arah. Mengikir kuku bolak-balik dapat merusak tepi kuku dan membuatnya rapuh.


2. Menggosok kuku dengan buffer terlalu keras


Menggosok kuku dengan perlahan akan memperhalus tonjolan pada kuku dan meningkatkan sirkulasi darah Anda. Namun apabila perawatan ini dilakukan dengan cara yang terlalu keras maka akan menyebabkan penipisan pada dasar kuku.


Pemukaan yang tipis mengakibatkan kuku cepat patah dan tidak dapat tumbuh dengan kuat. Seperti halnya mengikir, menggosok kuku dengan buffer juga harus dilakukan satu arah.


3. Tidak melembabkan kutikula


Kutikula (lapisan terluar kuku) pun membutuhkan pelembab seperti halnya tubuh. Bahkan Anda sebetulnya harus memberikan pelembab pada kutikula setiap hari, tergantung seberapa sering mencuci tangan.


4. Memakai cat kuku terlalu lama


Kuteks yang dibiarkan retak dan terkelupas juga akan menyebabkan kuku Anda bernasib sama. Ada baiknya Anda menghapus kuteks setiap 10 hari sekali. (umi)