Menilik Air Terjun Terlebar di Dunia




Air Terjun Mocona, Brasil (Flickr)




Air Terjun Mocona, Brasil (Flickr)



VIVAlife – Niagara merupakan air terjun yang paling populer di dunia. Tapi soal ukuran, Niagara masih kalah dibandingkan Mocona Falls. Air terjun yang berlokasi di Provinsi Misiones, Argentina, ini lebarnya mencapai 3 km.

Tidak hanya itu, Mocona Falls juga punya keunikan yang tidak dimiliki air terjun lainnya. Tidak langsung “terjun” menuju sungai Urugay di bawahnya, air terjun ini justru mengalir seiring sungai, membentuk tirai air nan panjang.


Dilansir Amusing Planet, Mocona Falls merupakan satu-satunya air terjun di dunia yang bergerak paralel bersama sungai.


Air terjun yang juga dikenal dengan nama Yucumã ini punya sejarah yang unik. Arti namanya, Yucumã, merupakan “kejatuhan yang besar”, sementara Mocona, yang disarikan dari bahasa Guarani, punya arti “menelan segalanya”.


Alasan air terjun itu punya nama ganda, karena Mocona berada di antara Argentina dan Brasil. Di Negeri Samba, air terjun itu disebut Yucumã, sementara di Negeri Tango, air terjun itu dinamakan Mocona.


Sementara, dari segi usia, Mocona Falls diperkirakan terbentuk di zaman es. Saat musim kemaru, pengunjung bisa berkunjung ke ngarainya yang memiliki kedalaman hingga 100 meter. Ada kalanya, air terjun masif ini bersembunyi dari pandangan pengunjung. Kira-kira selama 150 hari setahun, ketika sungai Uruguay meluap, Mocona Falls terlihat seperti pusaran air besar, namun ketika permukaan sungai menyurut, tirai air Mocona Falls terbentuk hingga belasan meter.


Bagi mereka yang ingin menikmati keindahan Mocona Falls, pemerintah Argentina menyediakan area perkemahan di taman nasional Yabotí Biosphere Reserve. Selain menggunakan tenda, pengunjung juga bisa menginap di berbagai pondok kayu yang didirikan di dekat ngarai. Terdapay juga berbagai aktivitas seru, seperti rafting, kano, kayak, outing serta safari.