Mengintip "Harta Karun" Tersembunyi di Inggris




Abereiddi Blue Lagoon di Pembrokeshire, salah satu harta karun tersembunyi di Inggris. (Geograph)




Abereiddi Blue Lagoon di Pembrokeshire, salah satu harta karun tersembunyi di Inggris. (Geograph)



VIVAlife - Tak ada yang mengalahkan indahnya pantai di negara tropis. Air lautnya biru kehijauan. Di sekelilingnya, menghampar pasir putih. Tempat sempurna untuk berjemur maupun bermain air.

Siapa sangka, karakter pantai itu juga ada di Inggris. Surga rahasia itu tersembunyi di antara batu-batu tinggi yang sulit dijangkau. Penulis perjalanan, Daniel Start, berhasil menemukannya “harta karun” itu.


Daniel menghabiskan waktu 10 tahun untuk meneliti pasir murni di sepanjang pantai Inggris. Kemudian, tanpa disangka ia menemukan beberapa pantai tropis yang begitu keindahannya sungguh memukau.


Sebut saja Pantai Exmoor atau pantai di teluk dekat Knockvologan di Isle of Mull, Skotlandia. Daniel juga pernah menjelajah desa pesisir di Conwall yang terletak di teluk pantai Atlantik.


Pantai rahasia lainnya, Abereiddi Blue Lagoon di Pembrokeshire. Mulanya itu hanya tambang batu. Saat dibanjiri air laut, wilayah itu jadi pantai cantik. Ada pula surga yang hanya bisa diakses melalui air: Sandy Bay di Wales. Pantai terletak dekat kilang minyak Milford Haven.


Seluruh pantai itu direkam Daniel dalam buku berjudul Hidden Beaches. Pemandangannya tak kalah memesona dari Karibia atau Maladewa.


Pemandangan itulah yang sampai membuat Daniel berhenti dari pekerjaan sebagai anggota dewan di London, lalu mengejar mimpinya menulis panduan perjalanan terbaik. (ita)