Sakit Langka, Bau Tubuh Beraroma Telur Busuk




Ilustrasi wanita dengan bau badan tak sedap. (iStock)




Ilustrasi wanita dengan bau badan tak sedap. (iStock)



VIVAlife - Setiap berada dekat Ellie, orang-orang akan langsung menutup hidung dan mulut. Bagaimana tidak, wanita 44 tahun itu mengeluarkan aroma tubuh yang amis, seperti bau ikan dan telur busuk.


Kelainan itu bukan ulah tukang teluh. Dalam dunia medis, kondisi langka yang dialami Ellie dikenal dengan nama Trimethylanminuria (TMAU) atau sindrom bau ikan.


Mengutip laman Mirror, Ellie mulai mengidap penyakit itu sejak berusia 30 tahun. Selama 14 tahun, ia hidup di bawah tekanan dan ejekan lingkungan sekitarnya lantaran aroma tubuh yang tidak sedap.


Setiap Natal tiba, ia selalu mendapat hadiah sabun dan minyak wangi. Bagi Ellie, itu menyakitkan.


Setelah diteliti dokter selama 7 tahun, diketahui bahwa tubuh Ellie ternyata tidak dapat mencerna jenis makanan tertentu. Daging, susu, kopi, dan ikan akan membuat tubuhnya mengeluarkan aroma busuk.


Meski kini telah menghindari makanan jenis itu, Ellie mengaku aroma tubuhnya tak kunjung hilang. Ia masih harus mandi lima kali sehari untuk mengurangi bau badannya.


Mengenal TMAU


TMAU pada dasarnya merupakan kondisi gangguan metabolisme. Tubuh kehilangan kemampuan memecah trimetilamina, yang biasanya ditemukan pada beberapa jenis makanan tertentu.


Trimetilamina yang tidak dapat dicerna akan dikeluarkan melalui urin, napas, dan keringat dengan aroma amis kuat. Penyakit itu lebih banyak diderita wanita ketimbang pria, karena hormon seks yang cukup besar. (art)