Gadget, Penyebab Warga Inggris Kurang Tidur




Gadget dituding sebagai penyebab dari banyaknya orang yang kurang tidur. (iStock)




Gadget dituding sebagai penyebab dari banyaknya orang yang kurang tidur. (iStock)



VIVAlife - Kehadiran berbagai gadget canggih telah mengubah kehidupan manusia sehari-hari. Gadget tak lagi hanya sekadar kebutuhan sekunder, tetapi juga primer.

Smartphone dan iPad pun jadi perangkat yang wajib dibawa ke mana saja, bahkan hingga ke kasur. Akibatnya, semakin banyak orang tidak cukup tidur.


Di Inggris misalnya. Berdasarkan jajak pendapat terbaru, enam dari 10 warga Negeri Ratu Elizabeth tersebut tidak memiliki cukup tidur. Jumlah ini meningkat 50 persen dibandingkan tahun lalu.


Para ahli menuding kenaikan ini disebabkan meningkatnya jumlah orang yang menggunakan smartphone, komputer tablet, dan gadget di kasur selama satu atau dua jam sebelum waktu tidur. Cahaya biru yang dipancarkan layar perangkat tersebut mengurangi rasa kantuk sehingga membuat seseorang lebih sulit tertidur.


Dari jajak pendapat juga terungkap, 59 persen warga Inggris tidur tujuh jam atau kurang di malam hari. Angka ini lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya, yakni 39 persen.


"Ini adalah kenaikan besar dan hasilnya sangat mengkhawatirkan karena tidur malam kurang dari tujuh jam di bawah pedoman yang direkomendasikan dan terkait dengan berbagai masalah, seperti meningkatnya risiko kenaikan berat badan, diabetes, dan kanker," ujar Psikolog, Profesor Wiseman dari University of Hertfordshire seperti dilansir laman Daily Mail.


Jajak pendapat ini juga menemukan bahwa 79 persen warga Inggris menggunakan gadget dua jam sebelum tidur. Angka ini naik 20 persen dibandingkan tahun lalu.


Professor Wiseman menyarankan kepada mereka yang sulit tidur untuk menyingkirkan smartphone dan gadget lainnya dari kamar tidur. Selain itu hindari menggunakan perangkat tersebut dua jam sebelum tidur.


Cara lainnya agar bisa tidur nyenyak di malam hari adalah dengan menjernihkan pikiran dan membuat daftar hal-hal yang bisa dilakukan keesokan harinya. Selain itu, menyantap pisang juga dianjurkan untuk mereka yang kesulitan tidur. (adi)