Studi: Pembalap Sepeda Tercepat Dianggap Lebih Tampan




Pembalap sepeda asal Prancis, Christophe Riblon. (Reuters)




Pembalap sepeda asal Prancis, Christophe Riblon. (Reuters)







VIVAlife - Wanita sering menjerit mengelu-elukan atlet pria tampan. Tampaknya, kelebihan tak hanya terpancar dari raut wajahnya, uang dan ketenaran kerap kali membuntuti perjalanan karir pria-pria tersebut. Sebut saja David Bechkam, mantan pesepakbola asal Inggris ini tak hanya berjaya di lapangan, tapi juga langganan iklan produk.

Kekaguman wanita bukan semata-mata karena penampilan, tapi juga kehebatan si atlet di lapangan. Sebuah penelitian mampu menjelaskan, ternyata ketampanan pria berpengaruh pada kinerja atletik mereka. Dalam hal bersepeda misalnya. Semakin tampan atlet, maka ia semakin tangguh bersepeda.

Pada Tour de France 2012, diketahui bahwa pengendara sepeda tercepat adalah mereka yang dinilai memiliki wajah tampan.



Dilansir dari Today.com, untuk menjawab pertanyaan ini, survei diadakan oleh University of Zurich di Swiss dan menganalisis 816 peserta. Dalam studi tersebut, baik wanita dan pria ditanyai tentang atlet mana yang dianggap paling menarik.


Erik Postma pemimpin penelitian sekaligus ahli biologi, memilih 80 foto peserta Tour de France. Jika ada peserta yang mengenali salah satu atlet, maka orang itu akan diusir dari penelitian ini. Dengan demikian, Postma mengatakan, peserta akan memilih pria yang benar-benar menarik, bukan karena mereka mengenalnya.

Hasil korelasi pun terlihat jelas, 25 persen atlet yang dianggap tampan, ternyata menduduki peringkat sepuluh teratas kompetisi tersebut. Sementara itu, peserta yang dianggap tak terlalu menarik bertengger di peringkat sepuluh terbawah. Penelitian ini diterbitkan di dalam jurnal Biology Letter.

"


Kinerja dapat berkorelasi positif dengan kesehatan umum, vitalitas, serta karakteristik pribadi yang pada gilirannya dapat berhubungan dengan daya saing dan daya tarik," kata Erik Postma.

Namun, tak ada hubungan garis lurus antara penampilan dan kemenangan. Pembalap yang paling menarik menurut peserta, justru menempati peringkat di tengah-tengah. (eh)