Wanita Ini Fobia dengan Koran




Diane Freelove telah menderita fobia surat kabar selama 25 tahun. (REUTERS/Tyrone Siu)




Diane Freelove telah menderita fobia surat kabar selama 25 tahun. (REUTERS/Tyrone Siu)



VIVAlife - Fobia dikenal sebagai rasa takut yang berlebih terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian. Sering kita dengar seseorang memiliki fobia ketinggian, ada pula yang takut pada binatang atau serangga tertentu. Seorang wanita di Inggris memiliki fobia yang aneh, yakni takut pada surat kabar.

Diane Freelove tak mampu menyentuh koran, ia membenci baunya. Ketika menyentuh koran, ia merasa ada yang merangkak pada kulitnya. Bahkan ketika melihat barang itu di layar televisi, Diane akan segera menjauh. Ibu dari tiga anak ini telah menderita fobia surat kabar selama 25 tahun. Secara medis kelainan ini disebut chloephobia.


Ketika menelusuri jalan raya, Diane sengaja menjauh dari semua sudut yang menjajakan surat kabar. Wanita berusia 49 tahun ini tak mau mendekati siapapun yang tengah memegang benda tersebut.


"Jika mereka mendekat, saya panik. Pada suatu waktu saya bisa menyentuh koran, setelah itu mencuci tangan hingga bersih. Tapi sekarang saya sama sekali tidak bisa melihat mereka," kata Diane seperti dilansir laman Mirror.


Diane yang tinggal di daerah Rochester ini, menduga akar permasalahan terletak pada masa kecilnya. Ketika ia masih kecil, sang ibu memukul kepala ayahnya dengan koran. Itu dilakukan sang ibu sambil bercanda, tapi mengundang kekhawatiran yang besar hingga sekarang.


Putra-putri Diane yaitu Matthew, Lauren dan Rebecca membaca koran setiap hari, namun mereka harus bersembunyi dari Diane untuk melakukannya. Setiap harinya, Diane juga membelikan surat kabar untuk almarhum suaminya yang meninggal pada 2011. Tapi ia menggunakan sarung tangan dan tas untuk membawa benda itu.


"Ketika suami saya membaca koran, saya akan meninggalkan ruangan dan pergi ke jendela yang terbuka di dapur. Udara segar membuat kecemasan saya berkurang," ujar Diane. (eh)