VIDEO: "Jelajah" Lidah ala Kampung Betawi




Makanan khas Betawi bukan hanya kerak telor. (VIVAnews/Muhamad Solihin)




Makanan khas Betawi bukan hanya kerak telor. (VIVAnews/Muhamad Solihin)



VIVAlife - Menetap di Jakarta belum tentu menguasai kuliner khasnya. Jika hanya mengenal ketoprak, kerak telor, atau karedok, Anda belum bisa dibilang “jagoan” Jakarta. Mungkin, minat mencicipi makanan dari berbagai daerah membuat Anda lupa melirik hidangan asli Betawi.


Sesekali, mampirlah ke rumah makan Dapur Betawi Cabe V di Jalan Merawan, Cinere, Depok. Berbagai hidangan khas Betawi menanti di sana. Sajian yang sudah lama hilang dari “radar” penduduk asli Jakarta pun tersedia.


Menyentuh menu makanan, mungkin Anda akan merasa sedikit asing. Namun, jangan terpatok pada makanan yang itu-itu saja. Biarkan lidah Anda menjelajah kenikmatan makanan tradisional Ibu Kota yang sarat sejarah. Pecak gurame, gabus pucung, dan sayur besan tak boleh dilewatkan.


Sayur besan misalnya, yang diracik dari terubuk dan jadi hidangan musiman. Masyarakat Betawi tempo dulu, membuatnya untuk merayakan hari jadi Jakarta.


Tak hanya dari cita rasa, aura tradisional juga bisa dinikmati melalui interior yang ada. Rumah makan menghadirkan suasana klasik melengkapi atmosfer tempo dulu. Itu membuat santap makanan Betawi lebih jadi nikmat.


Di antaranya, ada sepeda dan motor klasik, serta foto-foto yang menggambarkan masa kejayaan Betawi. Gambar itu memotret masa saat dendang musik tanjidor dan ondel-ondel berpawai masih banyak ditemukan di jalan raya. Sayang, kini semuanya telah memudar.


Pemilik rumah makan memang sengaja mengangkat kembali makanan-makanan khas Betawi yang sudah mulai tergeser keberadaannya. Kalau Anda menganggap Jakarta kini didominasi oleh kuliner Barat atau daerah lain, berkelana lah mencari makanan asli Betawi di sana.


Intip menu-menu tradisional Betawi melalui video ini .