VIDEO: Menaklukkan Ombak Pelabuhan Ratu




Peselancar di Pantai Cimaja, Pelabuhan Ratu. (pelabuhanratu.info)




Peselancar di Pantai Cimaja, Pelabuhan Ratu. (pelabuhanratu.info)



VIVAlife - Di telinga para peselancar, Pelabuhan Ratu bukan destinasi baru. Letaknya di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi alam ini memiliki sembilan titik yang siap mengayun-ayun papan selancar.


Salah satu lokasi yang bisa disinggahi, adalah Pantai Cimaja. Posisinya sekitar 10 kilometer dari Pelabuhan Ratu. Bulan Mei hingga Oktober, Cimaja dipenuhi turis asing yang siap menjajal gulungan ombak.


Sayangnya, pantai itu memiliki karakter ombak yang hanya ramah bagi para peselancar profesional. Ombak menggulung dengan tinggi dan besar, siap menghentak papan seluncur.


Jika Anda termasuk pemula, tak perlu berkecil hati. Masih ada titik yang bisa disambangi. Mengutip Topik Pagi ANTV, sekitar 100 meter dari Pantai Cimaja ada Pantai Citepus yang ombaknya tak terlalu ganas.


Di sana, para wisatawan bisa menyewa papan selancar untuk belajar. Anda juga akan didampingi pelatih khusus. Sebab, selancar tak sekadar menggagahkan diri di atas air. Selancar lebih dari sekadar menjaga keseimbangan. Keselamatan juga harus diperhatikan.


Karena itu, peran pelatih begitu penting. Pertama, Anda akan diajari cara mempraktekkan prosedur keselamatan. Baru setelah itu masuk ke tahap teknik selancar.


Sebagai pemula, Anda harus mengerti bagaimana teknik mengayun air dengan tangan, atau biasa disebut "pedel". Mempraktekkan ini tidak mudah. Butuh kegigihan, karena ombak terus menggulung dan Anda bisa terus tersungkur ke tepi pantai.


Selain itu, ada teknik meluncur. Jika Anda menemukan ombak yang siap dilahap, ada trik khusus agar bisa berdiri di atas papan selancar. Itu yang perlu dipelajari.


Terakhir, ada teknik riding. Ini memungkinkan Anda mengendarai papan selancar dan mencari kecepatan sesuai keinginan. Teknik yang satu ini, tentu butuh kreativitas dan kepekaan peselancar


Tak perlu malu jika Anda sama sekali belum pernah berselancar. Di Pantai Citepus, banyak wisatawan lokal yang masih awam dan memang ingin belajar menaklukkan ombak. Mereka datang tiap pagi dan malam hari karena saat itu angin adalah sahabat.


Jika sudah mahir berselancar, rasa takut pada ombak akan terbendung. Melihat ombak, rasanya justru seperti melihat sahabat yang membuat kita bergegas untuk menghampirinya. Atau, melihat tantangan yang membuat hati tergoda menaklukkannya.


Saksikan godaan ombak itu dalam video ini . (eh)