Terobosan Baru, Pena Ajaib untuk Perbaiki Tulang




Ilustrasi persendian tulang. (http://tips-tutorial.com)




Ilustrasi persendian tulang. (http://tips-tutorial.com)



VIVAlife - Inovasi baru kembali diluncurkan di dunia medis. Para ilmuwan di Australia berhasil menciptakan sebuah pena ajaib. Pena itu bisa menggambar sel tubuh pada orang yang terluka serius, dan membantu memperbaiki kondisi patah tulang mereka.


Selama ini, pena itu disebut sebagai “bio-pen”. Ia dikembangkan di University of Wollongong dan St Vincent's Hospital di Melbourne. Pena itu akan memungkinkan para ahli medis memasukkan sel ke tulang yang rusak, dan membantu rekonstruksi tulang di masa mendatang.


Kulit dan otot yang terluka, juga bisa disembuhkan dengan pena itu. Begitu pula dengan kanker, osteoarthritis, dan cedera traumatis. Berdasarkan percobaan awal, pena itu bisa memperbaiki tulang rawan yang rusak. Rencananya, ia siap diuji klinis lima tahun mendatang.


“Ini cocok untuk memperbaiki tulang dan tulang rawan yang rusak akut. Misalnya cedera karena olah raga, motorik, atau luka karena kecelakaan kendaraan,” ujar Peter Choong, direktur orthaedics di St Vincent, seperti dikutip laman Daily Mail.


Diharapkan, pena itu bisa membuat sketsa pengganti bagi tulang yang rusak. Yang pasti, kata Choong, cara kerja pena itu tidak seperti implan yang bisa ditolak oleh jaringan tubuh. Sebab, pena itu tidak menggunakan bahan kimia berbahaya.


Pena itu mengandung gel yang terdiri atas “bio-polimer”, seperti ekstrak rumput laut dan ekstrak alginat. Jika ada tulang yang rusak, gel dari pena itu akan mengisinya. Kemudian, bagian itu dipapar dengan sinar ultraviolet.


Tujuannya, memperkuat gel agar bisa memberikan perlindungan sementara dari dalam mereka membangun sel tubuh, lapis demi lapis. Setelah sel-sel mulai mengembang, mereka akan berubah menjadi saraf, otot, bahkan tulang. (eh)