VIDEO: Silikon Mpok Atiek Biasa untuk Bikin Ember




Mpok Atiek menyesal telah menggunakan silikon cair. (VIVAlife/Shalli Syartiqa)




Mpok Atiek menyesal telah menggunakan silikon cair. (VIVAlife/Shalli Syartiqa)



VIVAlife - Bahaya silikon cair tak banyak diketahui banyak orang. Termasuk artis lawas, Mpok Atiek. Ia akhirnya menyesal dan mengangkat silikon di wajahnya sebanyak 16 kali. Silikon yang digunakan Mpok Atiek ternyata tidak diperuntukkan untuk medis.

"Silikon yang dipakai Mpok Atiek itu memang silikon untuk industri. Jadi sama seperti yang dipakai untuk membuat plastik, ember, pelumas mesin," ujar spesialis bedah plastik, Dr. Enrina Diah SpBP seperti dilansir dari Ruang Kita TVONE.


Menurut Dr. Enrina, silikon cair yang biasa disuntik pada wajah bukan untuk indikasi medis, melainkan industri. Akibatnya bisa menimbulkan reaksi peradangan.


"Seperti kemerahan. Belum lagi kalau risko infeksi. Bahkan kalau masuk ke pembuluh darah bisa menyumbat dan menyebabkan kematian," katanya.


Lihat videonya di tautan ini.


Untuk medis, biasanya menggunakan silikon padat. Jika tidak suka bisa diangkat kapan saja. Sementara silikon cair digunakan oleh klinik kecantikan atau salon.


"Dilarang sekali, ilegal. Malah merugikan masyarakat," ucap Enrina.


Ia menjelaskan bahwa bagian tubuh yang silikonnya diangkat tidak bisa 100 persen bersih. Silikon tersebut sudah menyatu dengan jaringan.


"Sifat cairan dia akan turun. Awalnya bagus, tapi cairan lama-lama turun," kata Enrina.