Sering Tersesat? Beli Saja Jaket Anti Nyasar




Jaket dilengkapi GPS dan lampu LED (Wearable Experiments)




Jaket dilengkapi GPS dan lampu LED (Wearable Experiments)



VIVAlife - Alat navigasi atau GPS selalu jadi andalan saat mengunjungi lokasi baru yang belum dikenali. Sayangnya, alat navigasi yang tersedia di mobil atau telepon genggam sering kali merepotkan, karena Anda harus sesekali memperhatikan layar.


Tapi, kini, Wearable Experiments, perusahaan asal Sydney, Australia, mengawinkan fashion dan teknologi dalam sebuah jaket yang diberi nama Navigate. Jaket ini dilengkapi dengan unit GPS yang tertanam di bagian lengan, dan akan bergetar begitu Anda sudah sampai atau mendekati tempat tujuan.


Saat pemakainya berjalan, mengendarai mobil, motor atau mungkin bersepeda, lengan kiri maupun kanan akan bergetar saat Anda harus berbelok. Jadi, jika bergetar di lengan atau bahu kiri, pemakainya harus belok ke arah kiri. Begitu pun sebaliknya, jika lengan kanan yang bergetar berarti belok kanan.


"Teknologi yang ditanamkan dalam jaket sangat halus dan tidak terlihat. Jadi, tidak mengganggu kenyamanan. Lebih penting lagi, desain jaketnya pun cukup menarik. Terbuat dari garmen yang tidak hanya mengutamakan fungsi, tapi juga fashionable," kata Ben Moir, salah satu pendiri Wearable Experiments, seperti dikutip Daily Mail.


Untuk membuat jaket tersebut, sirkuit elektronik dan LED dijahitkan ke dalam bagian lengan. Agar berfungsi, pemakainya harus memprogram terlebih dahulu tempat tujuan mereka lewat aplikasi mapping custom-made yang terkoneksi tanpa kabel ke jaket. Saat pemakainya bergerak, LED pada lengan jaket akan menyala untuk memberitahu arah mana yang sedang mereka tuju.


Di setiap lengan jaket akan dilengkapi dengan lima lampu. Semakin dekat pemakainya ke tempat tujuan, lampu-lampu tersebut akan mati satu per satu. Dan, saat pemakai harus berbelok, lengan tersebut akan "menepuk" bahu dengan getaran.


Wearable Experiments rencananya merilis jaket ini di kota-kota besar di Eropa, secara terbatas melalui blog dan situs fashion. Namun, belum diketahui berapa item yang akan tersedia, lokasi penjualan, tanggal rilis maupun harganya.


Billie Waterhouse, desainer di balik jaket inovatif ini mengaku terinspirasi dari beberapa aplikasi navigasi Android dan iPhone seperti Foursquare. Ia juga menambahkan aplikasi Amble milik Louis Vuitton.


Aplikasi ini memungkinkan pemakainya menyimpan memori saat bepergian dan menandai tempat-tempat favoritnya. (art)