Anoreksia Sembuh Berkat Anjing




Keceriaan anjing semangati untuk sembuh dari anoreksia. (SWNS)




Keceriaan anjing semangati untuk sembuh dari anoreksia. (SWNS)



VIVAlife – Ngeri adalah kata pertama yang terlintas saat melihat Tricia Webb yang mengidap anoreksia parah. Wanita Inggris berusia 35 tahun itu bagai tengkorak terbungkus kulit.


Bobotnya hanya 28,35 kilogram. Dia kerap harus dilarikan ke rumah sakit karena kolaps dan tulang-tulangnya yang rapuh tak mampu menahan bobot tubuhnya. Tricia bahkan pernah mematahkan tulang bahunya saat tiba-tiba pingsan.


Tapi, kini hidupnya berubah. Tricia berhasil menambah bobotnya sebanyak 18 kg dan bebas dari rumah sakit selama satu tahun terakhir. Semua berkat empat ekor anjing miliknya.


“Anjing-anjing ini mengubah hidup saya. Mereka menyelamatkan saya dari kematian,” kata Tricia yang mengaku sudah berjuang melawan anoreksia selama 20 tahun.


Keempat anjing Tricia berjenis Cavalier King Charles spaniels dan berusia antara 7-9 tahun. Mereka bernama Tyler, Bodie, Max, dan Sam. Tricia mengatakan, keempat anjingnya tersebut merupakan alasannya untuk hidup.


“Tanpa kunjungan rutin mereka, juga kasih sayang dan perhatian dari mereka, saya tidak akan bisa seperti sekarang. Mereka adalah alasan saya hidup, saya ingin melihat mereka dan hidup demi mereka,” paparnya, seperti dilansir Daily Mail.


Tricia tidak menyadari mengidap anoreksia sejak remaja. Dia kerap melewatkan waktu makan dan terus sibuk bekerja. Tanpa dia sadari, berat badannya terus merosot. Ketika dia sadar, bobotnya mencapai 36 kg dan rambutnya rontok.


Dia pun menemui dokter dan didiagnosa menderita anoreksia. Tapi, bukannya sembuh, keadaan Tricia semakin parah. Berat badannya terus turun hingga di bawah 30 kg. Dia pun terancam kematian karena organ-organ dalamnya mulai menyusut.


“Saya tidak pernah berniat untuk tidak makan. Saya hanya tidak pernah merasa lapar dan begitu sibuk bekerja, sehingga tidak sadar apa yang telah saya lakukan pada diri sendiri,” ungkapnya.


Tapi, terima kasih kepada para anjing Tricia. Kunjungan rutin mereka ke pusat rehabilitasi di mana dia dirawat, mendorong kesembuhan Tricia.


“Setiap kali mengunjungi saya, mereka akan menempelkan hidungnya di kaca dan menggonggong, mengibaskan ekor mereka, seolah menyemangati saya untuk sembuh,” papar Tricia, yang mengaku kerap berbicara dengan para anjingnya tentang anoreksia yang dia idap. (art)