Pesona Air Terjun Dua Warna di Sumatera Utara




Air Terjun Dua Warna di Sibolangit, Sumatera Utara. (Flickr)




Air Terjun Dua Warna di Sibolangit, Sumatera Utara. (Flickr)



VIVAlife - Wisata di Sumatera Utara tak hanya Danau Toba. Banyak tempat yang tak kalah cantik dan unik. Salah satunya, air terjun di Sibolangit yang memiliki dua warna. Letaknya memang tersembunyi, di tengah hutan tropis Sibayak.

Namun, tak ada ruginya menjelajahi hutan asri dan menyusuri sungai Sinembah I sampai ke hulunya. Keunikan Air Terjun Dua Warna akan langsung membuat terpesona. Bagaimana tidak? Ada dua air terjun dengan warna yang berbeda: biru muda dan putih keabuan. Keduanya bermuara di satu lokasi.


Tak hanya berbeda warna, kedua air yang jatuh bersamaan itu juga berbeda suhu. Yang putih terasa hangat, sedangkan yang biru bersuhu dingin. Keduanya dipisahkan beberapa air terjun kecil yang tak kalah indah dan sejuk.


Perbedaan warna yang memesona itu tentu tak tanpa alasan. Ternyata, air terjun yang bersumber dari Gunung Sibayak itu dialiri belerang yang kemudian menyatu dengan resapan air hutan. Hasilnya, air berwarna biru dan bersuhu dingin.


Meski tak tercium bau belerang, pengunjung tetap tak boleh meminumnya. Tenang saja, masih ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di danau tempat dua air terjun itu bermuara. Pengunjung bisa berenang, maupun sekadar bermain air.


Untuk mencapai Air Terjun Dua Warna memang dibutuhkan persiapan ekstra, terutama dari segi fisik. Pasalnya, ada jarak sekitar 2-3 jam yang harus dilewati. Medannya lumayan menguras energi. Terkadang menanjak dan landai. Tak hanya itu, ada pula sungai-sungai kecil dan jurang yang harus dilintasi.


Dari Medan, pengunjung bisa naik kendaraan umum menuju Kabanjahe dan turun di Bumi Perkemahan Sibolangit. Jaraknya tak terlalu jauh, hanya satu jam perjalanan. Dari situ, sebaiknya menyewa jasa pemandu lokal. Mereka sudah terlatih bertualang di hutan belantara.


Yang patut diwaspadai adalah faktor cuaca. Berkunjung ke Air Terjun Dua Warna di kondisi hujan, jalanan akan semakin licin. Apalagi, tak ada tempat untuk berteduh. Berkunjung di akhir pekan juga tak cukup memuaskan. Pasalnya, air terjun bakal dipenuhi masyarakat lokal. (eh)