Kunjungi Pura Besakih, Kontestan Miss World Wajib Pakai Baju Adat




Kontestan Miss World 2013 akan mengunjungi Pura Besakih, besok. (ANTARA/Nyoman Budhiana)




Kontestan Miss World 2013 akan mengunjungi Pura Besakih, besok. (ANTARA/Nyoman Budhiana)



VIVAlife - Sebanyak 129 kontestan Miss World akan mengunjungi Pura Besakih. Kunjungan ke pura terbesar di Bali itu akan digelar Rabu besok, 11 September 2013.


"Agenda kunjungan ke Pura Besakih dilakukan pada pukul 09.00 WITA," ucap Head of Media Affairs Miss World 2013, Arief Suditomo, Selasa, 10 September 2013.


Seluruh kontestan Miss World akan mengenakan pakaian adat Bali sebagaimana layaknya umat Hindu Bali pergi ke Pura. Kunjungan kali ini terbuka bagi kalangan media. Rombongan Miss World akan berangkat pukul 06.00 WITA dari Hotel Westin.


Tak hanya peserta, awak media yang hendak mengabadikan kunjungan kontestan ratu kecantikan sejagad itu juga diwajibkan mengenakan pakaian adat Bali. "Bagi rekan media yang hendak meliput kegiatan ini mohon menyiapkan pakaian adat Bali," ujar Arief.


Sementara itu, Wakil Ketua DPD Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia (Peradah) Provinsi Bali, I Komang Suparta mempersilakan kontestan Miss World mengunjungi pura yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali.


"Sepanjang mengikuti etika dan budaya ke dalam Pura, tidak dalam kondisi datang bulan dan berpakaian adat Bali, kami tidak mempermasalahkan. Siapapun boleh mengunjungi," kata Suparta.


Menurut dia, Besakih tak hanya sebagai kawasan suci belaka. Besakih juga merupakan kawasan objek wisata. Kedatangan kontestan Miss World, sambung Suparta, akan membuat kawasan Besakih lebih dikenal.


"Dan meyakinkan masyarakat dunia bahwa Bali aman dan Besakih layak dikunjungi," ujarnya.


Suparta meyakini kedatangan Miss World akan mendongkrak pariwisata di kawasan Besakih, khususnya Kabupaten Karangasem. "Besakih sempat menurun jumlah kunjungannya lantaran banyaknya guide liar," ucapnya.