Gairah Festival Nusantara Sepanjang September (II)




Danau Batur, Bali. (http://jurnal-ap.blogspot.com)




Danau Batur, Bali. (http://jurnal-ap.blogspot.com)



VIVAlife - Kekayaan alam Indonesia memang layak dipamerkan ke mata dunia. Bulan ini, beberapa festival nusantara membuat pariwisata negeri zamrud khatulistiwa ini bergairah. Ada Festival Danau Toba di Sumatera Utara, Sail Komodo, serta Festival Derawan.


Masih ada beberapa festival lain yang tak kalah menarik. Berikut rangkuman VIVAlife untuk festival yang mengedepankan eksotisme budaya dan keindahan alam Indonesia.


Festival Teluk Ambon


Tak salah Portugis menginjakkan kaki ke Ambon pada abad ke-15. Daerah itu bukan hanya kaya akan rempah-rempah. Ambon juga punya potensi budaya dan keindahan alam yang luar biasa. Itu semua akan terungkap pada Festival Teluk Ambon yang dilangsungkan 27-29 September mendatang.


Beberapa perlombaan menarik bakal menyita perhatian. Ada lomba perahu naga tradisional, bernama Manggarube Arumbae. Para wanita juga bisa unjuk kebolehan dalam lomba perahu semang (perahu bercadik). Selain itu, ada perlombaan renang estafet, memancing, melukis, sampai mendongeng kisah leluhur tanah Amboina.


Festival Danau Batur


Tak ada yang meragukan Bali sebagai destinasi wisata. Festival Danau Batur digelar untuk menunjukkan sisi lain Bali. Tak hanya kaya akan alam yang cantik, tetapi juga kental dengan budaya. Festival yang mengambil nama danau di Bangli itu digelar pada 7-8 September 2013.


Sebuah tarian kolosal yang dipentaskan 130 penari, Ketangin Danau, menjadi poin menarik di acara ini. Selain itu, ada pula berbagai lomba unik, seperti fashion show anjing, dekorasi penjor, sampai mengukir buah. Tentu saja, itu semua tak lepas dari pesona alam Gunung Batur.


Sanur Village Festival


Setiap ke Bali, tak lengkap rasanya tanpa berkunjung ke Sanur. Pada 24-28 September mendatang, ada Sanur Village Festival yang bakal menambah warna-warni di sana. Festival itu menampilkan geliat ekonomi kreatif para seniman dan pengusaha muda di Bali.


Beberapa kegiatan yang bisa ditemui, di antaranya parade seni, dialog budaya, bazar kuliner, turnamen golf, juga perlombaan jukung (perahu tradisional). Festival yang bertempat di Inna Grand Bali Beach Hotel itu juga menggelar kegiatan menyelamatkan lingkungan, seperti melepaskan bayi penyu dan konservasi terumbu karang.


Festival Wayang Internasional


Satu lagi festival yang bakal meramaikan Bali. Pertunjukan wayang dari beberapa negara, bakal bertemu di Festival Wayang Internasional di Gianyar, 22-27 September 2013.


Delapan negara sudah siap pentas, yakni Jepang (Wayang Bunkaru), Iran (Wayang Kheimed Shad), Malaysia (Wayang Trengganu Cendayu), dan Filipina (Wayang Usbon Baclajon). Ada pula dalang dari China, India, dan Thailand. Dalang dari Amerika Serikat bahkan akan membawakan wayang kulit khas Bali.


Sejumlah wayang tradisional juga unjuk gigi, seperti Wayang Golek (Sunda), Wayang Beber (Wonosari), Wayang Potehi (Semarang), Wayang Kancil (Jawa Tengah), Wayang Kampung Sebelah (Ki Jeliteng), dan Wayang Sasak (Lombok).


Baca juga: Gairah Festival Nusantara Sepanjang September (I) (eh)