Diciptakan, Donat Unik Berbentuk Sushi




Sushido, donat unik berbentuk sushi di Thailand. (facebook.com/MisterDonutThailand)




Sushido, donat unik berbentuk sushi di Thailand. (facebook.com/MisterDonutThailand)



VIVAlife - Donat adalah salah satu jenis camilan khas Amerika Serikat. Kudapan yang terbuat dari adonan tepung dengan lubang di bagian tengah ini biasanya dimasak dengan cara digoreng deep-fried. Hingga saat ini, donat masih menjadi camilan favorit berbagai kalangan di Amerika dan di seluruh dunia.

Belum lama ini di New York muncul inovasi donat yang dinamakan cronut yaitu kombinasi antara croissant, pastry khas Perancis dan donat. Cronut pun laku keras dan setiap harinya para pengunjung rela mengantre sejak pagi hanya untuk mendapatkan cronut yang memang diproduksi terbatas oleh sebuah toko bakery.


Seperti dilansir laman Huffington Post, baru-baru ini kembali muncul inovasi donat lainnya yakni sushi donut. Walaupun disebut donat sushi, donat ini tidak terbuat dari adonan roti yang diberi topping ikan mentah. Namun donat tersebut memiliki berbagai macam bentuk menyerupai makanan khas Jepang, sushi. Inovasi unik ini diciptakan oleh sebuah franchise asal Jepang, Mister Donut dan untuk saaat ini hanya tersedia di Thailand.


Menu sushi donat yang dinamakan SushiDo tersebut terdiri dari beragam donat berbentuk bulat dan lonjong dengan topping donat seperti pada umumnya, yaitu krim, keju, gula, buah-buahan, cokelat dan meses, namun dibentuk seperti layaknya sushi. Inovasi ini mulai dikenal publik secara luas sejak seorang turis di Thailand mengunggah fotonya ke Twitter. Sejak itu, penjualan sushi donut dilaporkan meningkat.


Tak hanya bentuk, cita rasa donat juga beberapa kali mengalami inovasi. Misalnya, Dunkin Donuts yang pernah meluncurkan donat dengan topping krim keju wasabi dan keju yang dikombinasikan dengan rumput laut. (eh)