Jangan Abaikan 3 Hal Ini Saat Belanja Sepatu



Belanja sepatu (Reuters)



VIVAlife - Menambah koleksi sepatu jadi hal favorit para wanita. Saat membelinya model dan harga tentu dijadikan pertimbangan. Tapi ada hal yang lebih penting, yaitu kesehatan kaki Anda.

Sepatu tumit tinggi atau berbahan kaku, bisa berbahaya bagi kaki Anda. Sepatu yang kurang tepat, tidak hanya berpengaruh buruk pada kaki tetapi juga postur tubuh. untuk itu, sebelum membeli sepatu baru, pertimbangkan tiga aturan ini.


1. Detail ukuran sepatu

Kaki dapat tumbuh seiring bertambahnya usia. Karena itu mengabaikan nomor sepatu pada label, dapat membuat kaki Anda menjadi tidak nyaman. Jika Anda sudah bertahun-tahun tidak mengukur kaki, bisa menggunakan alat pengukur yang biasanya disediakan di toko sepatu. Tak hanya demi kenyamanan, tapi juga penampilan dan kesehatan kaki.


2. Bahan berkualitas

Sepatu dengan kulit asli akan menekuk sesuai dengan gerakan kaki. Sedangkan, bahan vinil murahan terasa sangat kaku dan tidak nyaman. Begitupun dengan sepatu bahan suede yang dapat membuat kaki Anda bernafas sehingga kaki tetap terasa dingin. Sebaliknya, bahan imitasi dapat membuat kaki panas, berkeringat bahkan berbau. Kualitas bahan yang tinggi juga akan bertahan lebih lama sehingga Anda tidak perlu mengganti sepatu terlalu sering.


3. Model yang pas

Ada beberapa model sepatu yang bisa 'menyiksa' kaki. Jadi selalu coba sepatu sebelum membeli. Jangan sampai mengenakan sepatu yang modelnya terlalu sempit karena dapat menyebabkan kaki lecet dan nyeri. Jika Anda menggunakan sepatu tumit tinggi, sesampainya di rumah pijat perlahan untuk meredakan rasa lelah. (adi)