Manjakan Kulit dengan Kesegaran Semangka



Semangka (istockphoto)



VIVAlife - Dagingnya merah cerah dan mengandung banyak air. Tak heran kalau semangka jadi buah primadona untuk menangkal dahaga. Tak hanya bisa memanjakan tenggorokan Anda, semangka juga bisa memanjakan kulit.

Kadar air pada semangka sebanyak 93 persen dan juga kaya antioksidan, sehingga bisa sangat baik untuk perawatan kulit kering. Sederet khasiat semangka berikut bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkannya sebagai bagian dari perawatan.


Mencegah penuaan dini

Untuk mendapatkan wajah tampak lebih muda. Anda dapat menggunakan satu irisan semangka dan menempelkannya ke kulit wajah dan leher seperti menggunakan masker. Masker semangka ini, dapat merevitalisasi kulit wajah dan leher.


Memberikan rasa sejuk dan bersih dari kotoran serta polusi yang menutupi pori-pori kulit Anda dan membuatnya terlihat kusam. Selain masker, seperti dikutip dari Bold Sky, Anda juga dapat menggunakannya dengan cara membekukan semangka terlebih dahulu, yang sudah dicampur dengan daunt mint kemudian gosokkan pada wajah.



Mencerahkan kulit


Gunakan semangka yang sudah dicampur yogurt. Kemudian aplikasikan pada wajah selama sepuluh menit lalu bilas dengan air dingin. Kandungan hidrat yang terdapat dalam semangka, mampu menyembuhkan kulit wajah dari masalah. Sementara kandungan asam laktat dan enzim yang dimiliki yoghurt, mampu melakukan pengelupasan kulit, membersihkannya dan membuatnya jadi lebih cerah.


Mencegah kerutan

Semangka kaya akan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang jadi penyebab utama kerutan. Anda dapat mencampur semangka dan avokad yang ditumbuk, lalu oleskan pada wajah sebagai masker. Biarkan selama 20 menit. Kemudian cuci dengan air.


Pengelupasan sel kulit mati

Parutan semangka yang dicampur dengan tepung, dapat menjadi scrub alami untuk kulit. Oleskan pada wajah selama 15 menit sambil berikan pijatan. Semangka juga mengandung asam malat yang mampu mengangkat sel kulit mati. Anda cukup menggosokkan semangka ke wajah.