Tergiur Sajian Kaya Rempah Khas India




Bomb Prata, salah satu menu di Samy's Curry Resto. (Dok. Samy's Curry Resto)




Bomb Prata, salah satu menu di Samy's Curry Resto. (Dok. Samy's Curry Resto)



Tergiur Sajian Kaya Rempah Khas India


VIVAlife - Kuliner India terkenal dengan kelezatannya serta cita rasa juga aroma yang begitu harum dan menggugah selera. Hal tersebut dikarenakan masakan khas India selalu memakai berbagai jenis rempah sebagai bahan masakannya.


Kuliner India di Jakarta bisa dibilang memiliki penggemar yang kian banyak. Tentu saja hal itu lah yang membuat semakin bertambahnya restoran India di Jakarta. Salah satu restoran India di Jakarta yang menyajikan deretan menu-menu otentik India adalah Samy's Curry South Indian Cuisine.


Restoran ini telah memiliki nama besar di Singapura, sejak 1950. Seperti kita ketahui, penduduk Singapura banyak yang berasal dari India. Chef sekaligus pendiri Samy's Curry adalah orang asli India, yakni M. Veerasamy. Namun, saat ini restoran tersebut diambil alih oleh anaknya, Maheyndarn.


Di Singapura sendiri, Samy's Curry terbilang cukup populer di kalangan masyarakat lokal dan turis asing. Di Jakarta, Samy's Curry memiliki empat cabang. Restoran ini khusus menyajikan menu-menu masakan khas India Selatan yang dimasak langsung oleh Chef handal asal India.


"Perbedaan antara kuliner khas India Selatan dan Utara adalah dari segi bumbu serta rempah-rempah yang digunakan," ucap Kinanti Adiesi, Public Relations Samy's Curry Resto kepada VIVAlife.


Menurutnya, kuliner khas India Selatan lebih banyak memakai tomat, tamarind, serta daun rampe atau pandanus. Kuliner India Selatan juga memiliki lebih banyak menu-menu vegetarian.


Untuk hidangan pembuka, Anda dapat mencicipi martabak khas India yang isiannya dapat Anda pilih yaitu ayam atau daging. Berbeda dengan martabak yang biasa Anda makan yang dibuat dengan berbutir-butir telur bebek, martabak India memiliki isian yang sangat tebal sehingga cita rasa yang didapat tidak didominasi dengan rasa telurnya.


Martabak


Seperti masakan India lainnya, nasi adalah salah satu makanan pokok yang wajib tersedia. Nasi khas India yang populer karena kelezatannya adalah nasi Briyani yang dibuat dari beras Basmati yang dicampur dengan bumbu kuning serta rempah-rempah.


Samy's Curry menyediakan Basmati Rice sebagai menu utama yang dapat Anda nikmati bersama lauk pauk. Pilihan lauk-pauk yang tersedia di Samy's Curry cukup variatif dari mulai ayam, daging, seafood, hingga sayuran yang dimasak dengan bumbu kari.


Nasi Briyani


Salah satu menu andalan yang patut Anda coba adalah Masala Chicken, yaitu ayam yang dimasak dengan bumbu masala khas India berwarna merah seperti sambal, namun rasa pedasnya berbeda dengan cabai biasa. Anda tidak akan merasa terlalu pedas saat memakannya, namun rasa pedas tersebut akan muncul di tenggorokan hingga perut terasa cukup panas.


Menu andalan lainnya yakni Mysore Mutton. Mutton sendiri seringkali diartikan sebagai domba. Namun mutton adalah sejenis domba India yang memiliki daging yang lebih keras dari domba biasa. Itulah sebabnya mutton banyak dimasak sebagai hidangan India yang umumnya selalu dimasak dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan sulitnya mengempukkan daging mutton hanya dengan menggoreng, memanggang atau membakarnya saja.


Mysore mutton yang menjadi andalan Samy's Curry sangat empuk dan kaya rasa karena di-marinate dengan rempah-rempah serta bumbu lainnya hingga agak kering sehingga teksturnya menyerupai rendang.


Sedangkan untuk menu sayuran yang tersedia bagi para vegetarian, yang menjadi andalan adalah Cauliflower Sixty-Five, yaitu kembang kol yang dimbumbui dengan bumbu khas India dan digoreng dengan tepung menjadikannya menu lezat yang tak kalah dengan menu daging.


Samy's curry menyediakan berbagai macam pilihan makanan penutup yang dapat Anda pesan. Salah satu menu penutup andalan yang patut Anda cicipi adalah Bomb Prata, yakni roti khas India yang diberi gula dan mentega kemudian dimasak sehingga memiliki rasa karamel yang manis dan gurih.


Roti ini dapat disantap dengan bumbu kari, susu, madu, keju dan topping lain sesuai selera Anda. Nah, untuk minumannya sendiri, Samy's Curry merekomendasikan Samy's Lime Juice yang rasanya sangat segar dan sedikit asam namun tetap manis di lidah yang membuatnya sangat pas disandingkan dengan lauk pauk kaya rempah tadi.


Untuk harga menu-menu makanan di restoran ini terbilang cukup murah. Seporsi nasi briyani hanya dihargai Rp12 ribu. Sedangkan lauk-pauknya berkisar antara Rp16-75 ribu per porsi tergantung besar kecilnya porsi yang Anda pesan. Sedangkan menu diatas harga Rp100 ribu hanya Fish Head Curry yang dihargai Rp115 ribu untuk porsi kecil, Rp150 ribu untuk porsi sedang, dan Rp195 ribu untuk porsi besar.



Samy's Curry Indian


Pacific Place, Lantai 5 Unit 58A

Jl. Jend. Sudirman Kav. 52 - 53,

Sudirman, Jakarta Selatan

Buka: Setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB.