FOTO: Dilelang, 10 Gaun Mewah Putri Diana




Sejumlah gaun ikonis Putri Diana yang akan dilelang pada 19 Maret 2013 mendatang. (REUTERS/Suzanne Plunkett)




Sejumlah gaun ikonis Putri Diana yang akan dilelang pada 19 Maret 2013 mendatang. (REUTERS/Suzanne Plunkett)



VIVAlife - Selama hidupnya, Putri Diana dikenal sebagai salah seorang wanita yang fashionable. Setiap busana yang dikenakan ibu Pangeran William dan Pangeran Harry ini selalu mengundang decak kagum.


Kini, gaun-gaun yang pernah membalut tubuh Putri Diana itu akan dilelang di London, pada 19 Maret 2013 mendatang. Sebanyak 10 gaun diharapkan laku terjual hingga US$1,2 juta atau setara dengan Rp11,6 miliar.


Gaun-gaun mewah itu terakhir kali diperlihatkan ke publik dalam sebuah lelang di New York, pada Juni 1997 lalu, atau tepatnya dua bulan sebelum Putri Diana meninggal dunia. Seperti diketahui, mantan istri Pangeran Charles itu menjual beberapa gaun malamnya yang paling mahal untuk penggalangan dana amal.


Gaun Ikonis Putri Diana


Sementara itu busana Putri Diana paling mahal yang akan dilelang pada pertengahan Maret mendatang, adalah gaun malam beludru rancangan Victor Edelstein. Gaun tersebut pernah dikenakan Diana saat menghadiri makan malam di Gedung Putih, pada 9 November 1985 lalu.


Gaun ini menjadi tersohor karena pada saat itu Diana berdansa dengan aktor John Travolta. Gaun ini diharapkan terjual £200 - 300 ribu atau setara dengan Rp2,9 - 4,3 miliar.


Gaun Ikonis Putri Diana


Busana lainnya yang juga akan dilelang adalah gaun warna hitam rancangan Catherine Walker. Gaun tersebut pernah dikenakan Diana saat sesi pemotretan Vanity Fair oleh Mario Testion di Kensington Palace, pada 1997 lalu.


Gaun Ikonis Putri Diana


Kemudian ada pula gaun malam berwarna merah muda yang pernah dikenakan Diana saat kunjungan ke India pada Februari 1992. Gaun ini ditargetkan terjual dengan harga £80 - 120 ribu atau setara dengan Rp1,1 - 1,7 miliar. (kd)